Let’s travel together.

Qualcomm Snapdragon 6 Gen 3 Diluncurkan, Dengan Dukungan Layar 120Hz dan Fitur AI

0

Qualcomm baru saja merilis chipset terbarunya untuk perangkat mobile, yakni Snapdragon 6 Gen 3. Chipset ini dibuat dengan beberapa peningkatkan dari Snapdragon 6 Gen 1, yang klaim memiliki peningkatan performa CPU sebesar 10 persen dan performa (AI) sebesar 20 persen.

Seri 6 Gen 3 menjadi chipset kedua yang diluncurkan oleh produsen chip asal Amerika ini dalam beberapa bulan terakhir, setelah merilis Snapdragon 4s Gen 2 untuk ponsel entry-level pada acara Snapdragon for India, 30 Juli lalu.

Spesifikasi Chipset Snapdragon 6 Gen 3

Menurut Qualcomm, Snapdragon 6 Gen 3 dengan nomor model SM6475-AB adalah tambahan terbaru untuk platform kelas menengah mereka. Chipset ini berada di atas Snapdragon 6s Gen 3 yang diperkenalkan pada bulan Mei. Chip ini dibangun dengan arsitektur 64-bit yang mencakup CPU Qualcomm Kryo dengan delapan inti, dengan kecepatan puncak hingga 2,4GHz.

Qualcomm mengatakan perangkat yang menggunakan chipset ini akan mendukung RAM LPDDR5 dengan kecepatan 3200MHz, serta layar full-HD dengan refresh rate maksimum 120Hz. GPU Adreno yang ada di dalamnya diklaim memberikan peningkatan performa hingga 30 persen. Chipset ini mendukung API OpenGL ES 3.2, Vulkan 1.1, dan OpenCL 2.0, serta dibuat dengan proses fabrikasi 4-nanometer.

Selain itu, chipset ini dilengkapi dengan Qualcomm Sensing Hub dan Low Power AI System yang mendukung fitur AI seperti asisten suara, pengurangan kebisingan, dan kemampuan kamera. Ada juga fitur Variable Rate Shading yang memungkinkan render konten utama dalam resolusi penuh, sementara bagian lainnya di-render dalam kualitas lebih rendah.

Smartphone yang dilengkapi dengan Snapdragon 6 Gen 3 akan mendukung lensa hingga 200 megapiksel, dan chipset ini memiliki konfigurasi triple 12-bit Spectra ISP yang menawarkan pengurangan noise multi-frame, mesin de-noising berbasis AI, dan Staggered High Dynamic Range (sHDR).

Qualcomm juga menyebutkan bahwa prosesor mobile terbaru ini mendukung sistem satelit seperti QZSS, Galileo, Beidou, GLONASS, NavIC, dan GPS dengan akurasi tingkat jalur dan trotoar. Untuk konektivitas, chipset ini mendukung Bluetooth 5.2 dan Wi-Fi 6E. Selain itu, chipset ini juga mendukung Quick Charge 4+ melalui USB Type-C, serta mendukung pengenalan sidik jari berkat sensor khusus dari Qualcomm 3D Sonic Sensor Max.

Artikel terkait
Tinggalkan komen